Skripsi
Hubungan status gizi denan tingkat pekembangan anak usia pra sekolah diTK Stya Harapan Wonokromo Surabaya
ABSTRAK
Latar belakang :Pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara teratur, berurutan, dan kompleks. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu status gizi anak. Status gizi akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak baik secara fisik, kognitif dan psikologis. Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat perkembangan anak pra sekolah di TK Setya Harapan Wonokromo Surabaya.Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak di TK Setya Harapan Wonokromo Surabaya sebanyak 50 anak dengan besar sampel 44 responden yang diambil dengan menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data untuk status gizi dan tingkat perkembangan menggunakan lembar observasi dan analisis data menggunakan uji korelasi chi square (X2) dimana p < 0,05. Hasil penelitian adalah status gizi anak sebagain besar baik (65,9%), dan hampir seluruhnya tingkat perkembagan anak normal (86,9%), hasil uji Chis-Square Sig (2-Tailed) p=0,03 nilai α = 0,05 berarti P < α maka H1 diterima, artinya ada hubungan status gizi dengan tingkat perkembangan anak pra-sekolah di TK Setya Harapan Wonokromo Surabaya. Dengan hasil ini diharapkan dalam keseharian ibu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan status gizi anak sehingga tingkat perkembangan sesuai dengan usia anak. Oleh karena itu hal ini menjadi salah satu penunjang dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat khususnya ibu dalam memenuhi gizi dan memantau perkembangan anak.
Kata Kunci: Anak usia pra sekolah, status gizi, tingkat perkembangan,
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Publisher | Program Studi S1 Keperawatan, STIKes William Booth : Surabaya., 2024 |
Collation |
-
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available